Sabtu, 10 Agustus 2013

Manfaat Mainan Edukatif Puzzle Bagi Orang tua Dan Tumbuh Kembang Anak

Puzzle merupakan salah satu permainan yang lawas, tapi masih berkembang hingga saat ini. Bahkan sekarang bentuknya beraneka ragam dan semakin menarik, seperti puzzle binatang, puzzle transportasi, puzzle mengenal serangga, dan lain sebagainya. Karena unik dan mudahnya permainan puzzle ini, puzzle masih menjadi mainan edukatif paling digemari oleh anak – anak, dan menjadi salah satu mainan wajib untuk lembaga pendidikan anak, seperti PAUD, TK, keompok bermain, day care, dsb.

Banyak sekali manfaat yang diperoleh anak dan orang tua dalam bermain puzzle ini.

Bagi orang tua, puzzle ini bisa memberikan kesempatan orang tua untuk mengerjakan / menyelesaikan keperluan atau pekerjaannya, dikala anak sedang asyik bermain puzzle ini.
Di samping itu, orang tua bisa memanfaatkan puzzle ini sebagai sarana bermain bersama dengan anak. Tentunya kebersamaan ini akan mendukung perkembangan yang positif untuk tumbuh kembang anak.

Bagi anak, puzzle ini memberikan keuntungan yang banyak, antara lain :
  • Dengan bermain Puzzle akan dapat mengasah perkembangan emosi dan mental anak.
  • Bermain puzzle bisa membantu mengasah kemampuan koordinasi tangan dan mata anak.
  • Melalui permainan puzle, mengajarkan anak dalam problem solving (menyelesaikan masalah)
  • Bermain puzzle bisa membantu meningkatkan daya kreatifitas anak
  • Puzzle binatang mengajarkan anak tentang binatang, tentang warna, dsb
  • Puzzle transportasi, mengajarkan dan mengenalkan anak tentang nama – nama alat transportasi dsb sesuai dengan tema puzzle.
Manfaat bermain puzzle tersebut tentunya sangat medukung tumbuh kembang anak terutama di masa golden age-nya. Karena itu, sebagai orang tua kita harus dapat memilihkan mainan edukatif yang sesuai dengan usianya sehingga mampu mengoptimalkan perkembangan anak kita.

Sumber : http://www.perkembanganbayi.net/789/manfaat-mainan-edukatif-puzzle-bagi-orang-tua-dan-tumbuh-kembang-anak.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar